Belajar dari Hotman Paris, Jangan Taruh Banyak Duit di Dompet

Pengacara Hotman Paris Hutapea kagum ada pegawai mal di Jakut yang mengembalikan dompetnya yang terjatuh. Dia kagum atas kejujuran pegawai tersebut. (IG @hotmanparisofficial)

Kabar mengenai petugas kebersihan mal Jakarta Utara yang mengembalikan dompet pengacara kondang Hotman Paris Hutapea viral di media. Awalnya, Hotman akhirnya memberikan imbalan berupa uang tunai ke pria bernama Edi Sanjaya itu, namun dia sempat menolaknya dua kali.

Seperti diberitakan detik.com, isi dompet pengacara kondang itu mencapai Rp 70 juta Rupiah. Dompet itu jatuh pada Rabu (22/3) sekitar pukul 08.00 dan ditemukan oleh Edi. Edi pun langung berlari menghampiri Hotman Paris untuk mengembalikan dompet Hotman.

Atas tindakan tersebut, Hotman menyebut Edi bak dewa.

Satu hal yang perhatian dalam peristiwa ini adalah isi dompet Hotman yang mencapai puluhan juta Rupiah. Disebutkan bahwa ada lima hingga enam lembar uang Dollar Singapura bernilai 1.000.

Seperti diketahui, tidak pernah ada aturan khusus dalam perencanaan keuangan seputar berapa banyak dana yang harus Anda simpan dalam bentuk cash di dompet. Akan tetapi, makin banyak uang yang disimpan maka makin besar pula risiko kehilangan yang bisa terjadi.

Jika nilai aset lancar (tabungan, kas, dan setara kas) yang Anda miliki cukup besar alias di atas 50% kekayaan bersih, maka sah-sah saja menempatkan uang berjumlah besar.

Namun berapakah batas aman menyimpan uang di dompet bagi Anda? Berikut ulasannya.

Tujuan simpan uang cash adalah untuk kebutuhan darurat

Selain ada risiko hilang, godaan untuk menggunakan uang untuk kebutuhan konsumtif juga makin tinggi. Bisa saja Anda tidak sengaja menggunakan uang itu untuk jajan atau membeli barang yang Anda sukai, alhasil rencana menabung Anda bisa saja gagal.

Ada baiknya bagi Anda untuk mengambil uang cash sebesar 10-20 persen dari total tabungan dana darurat Anda, hal itu disebabkan karena penggunaan uang cash umumnya ditujukan untuk kebutuhan mendesak atau pengeluaran yang jumlahnya tidak terlalu besar.

Alasannya adalah, untuk mewaspadai peristiwa seperti yang dialami Hotman Paris.

Tidak ada jaminan, ada orang seperti Edi Sanjaya yang mau mengembalikan dompet Anda saat itu juga. Semakin besar uang yang Anda simpan di dompet, kerugian yang Anda alami jika dompet Anda hilang juga makin besar.

Sementara itu, bicara soal dana darurat, besaran dana darurat itu sendiri akan sangat bergantung pada besarnya pengeluaran Anda. Adapun besaran dana darurat ideal adalah minimal enam kali pengeluaran bulanan untuk mereka yang berprofesi sebagai karyawan, dan memiliki tanggungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*