Mau Jual Emas Antam Keluaran Lama? Baca Ini Sebelum Tekor!

Karyawan menunjukkan emas Antam di gerai Galeri 24 Pegadaian di Jakarta, Senin (5/12/2022). Harga emas batangan di PT Pegadaian bergerak stagnan pada perdagangan hari ini, Senin (5/12/2022). Pegadaian sendiri menjual berbagai jenis emas, yaitu emas Antam, Antam Retro, Antam Batik, dan UBS. Ukurannya pun dijual beragam, mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram. Pada perdagangan hari ini, harga emas Antam ukuran 1 gram dibanderol Rp 1.033.000. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Anda tentu cukup familiar dengan risiko-risiko investasi emas batangan, sebut saja seperti risiko kehilangan, salah membeli emas palsu, dan lainnya.

Namun percaya tidak percaya, emas keluaran lama memiliki harga jual yang lebih rendah dibanding keluaran terbaru. Apakah itu berarti investasi emas jangka panjang bakal rugi?

Seperti diketahui, berdasarkan tahun produksinya, emas Antam dibedakan menjadi dua yaitu Logam Mulia Certi dan Emas Retro.

Logam Mulia Certi atau Emas Certi merupakan emas keluaran terbaru yang sertifikatnya sudah menyatu. Untuk mengecek keasliannya, Anda bisa memindai CertiCode di bagian belakang dengan menggunakan fitur scan barcode di telepon genggam Anda.

CertiCode itu sendiri mulai dicetak pada 2018 lalu, dan terus mengalami beberapa perubahan dari penampilannya.

Sementara itu Emas Retro adalah emas keluaran lama, yang dibungkus menggunakan plastik mika tebal. Sertifikat emas yang satu ini terpisah dengan kemasannya, dan emas jenis ini terakhir diproduksi pada tahun 2018, dan harga jualnya umumnya lebih murah ketimbang Emas Certi.

Lantas apakah artinya kita yang sudah membeli emas retro pasti akan merugi dalam jangka panjang? Berikut penjelasannya.

Perbedaan harga ini adalah karena permintaan dan penawaran

Satu hal yang Anda harus ketahui adalah Emas Certi memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding Emas Retro, jika Anda menjualnya di toko emas biasa. Hal itu disebabkan karena faktor permintaan dan penawaran (supply-demand) yang ada, emas terbaru tentu peminatnya jauh lebih banyak.

Namun ketahuilah pada dasarnya baik retro maupun keluaran terbaru, emas adalah emas yang merupakan logam mulia.

Bila memang Anda sudah menyimpan emas retro dalam waktu lama, alangkah lebih baiknya untuk menjual di Antam saja ketimbang di pedagang karena harga buyback emas di Antam untuk segala jenis emas akan dipukul rata.

Namun ketika Anda memiliki emas keluaran terbaru dan ingin mencari keuntungan lebih ketika menjualnya, Anda bisa mendatangi toko atau pedagang emas yang memiliki harga buyback di atas Antam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*